Minggu, 06 November 2011

Pengembangan silabus

Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Prinsip pengembangan silabus : a. ilmiah, yakni keseluruhan materi dan kegiatan silabus harus benar-benar dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah b. Relevan, artinya cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan peserta didik c. Sistematis, yakni komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi tertentu d. Konsisten, yaitu keajegan antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian. e. Memadai, yakni indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup menunjang pencapaian kompetnsi dasar. f. Aktual dan Kontekstual, yaitu, indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan teknologi dan seni mutakhir dalam kehidupan nyata. g. Fleksibel, artinya komponen silabus dapat mengakomodasikan keragaman peserta didik h. Menyeluruh, artinya silabus mencakup keseluruhan ranah cognitif, afektif, dan psikomotor

Tidak ada komentar:

Posting Komentar