Kamis, 18 September 2014

KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS


Setiap pendidik harus terus menerus berupaya menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, sehingga menambah motivasi belajar para peserta didik. Apa lagi sejak diberlakukannya kurikulum 2013 yang  kegiatan pembelajaran harus berpusat pada peserta didik dan merangsang siswa untuk aktif kreatif serta menumbuhkan rasa ingin tahu.
Banyak rekan-rekan guru mengeluh dengan diberlakukannya kurikulum 2013, dan mereka berpendapat bahwa sangat sulit untuk mengimplementasikan kurikulum 2013, padahal kalau kita terus berusaha dan selalu mencari hal-hal yang baru dalam kegiatan pembelajaran, bagi saya pelaksanaan kurtilas ini sangat menyenangkan.
Demikian pula pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas II SD dalam  pelajaran Allah Maha Pencipta, sangat asyik jika peserta didik diajak ke luar kelas untuk mengamati dan mencari tahu apa saja benda-benda ciptaan Allah yang ada di sekitar sekolah serta manfaatnya bagi manusia. Hal ini akan lebih mudah dipahami oleh peserta didik karena mereka belajar secara konkrit yang dikaitkan dengan keimanan serta kewajiban untuk mensyukuri terhadap apa yang Allah beri kepada manusia.
Ketika peserta didik asyik mengamati dan mencari benda-benda di sekitarnya, maka guru berperan aktif mengamati dan mencatat siapa saja siswa yang aktif dan bagaimana dia mengaplikasikan rasa ingin tahunya, maka penilaian pun dapat dilakukan saat itu juga tanpa ditunda-tunda sehingga penilaian akan lebih akurat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar