Rabu, 14 September 2011

MEMBACA DAN MENULIS


 MEMBACA DAN MENULIS
Baca tulis adalah dua aktifitas yang memerlukan daya pikir dan daya nalar manusia, karena kegiatan ini melibatkan mata dan tangan yang kesemuanya berpusat pada otak. Baca tulis juga merupakan alat komunikasi tulisan yang menjadikan manusia dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya, demikian juga keterampilan membaca dan menulis merupakan jalan untuk mendapatkan ilmu pengetahuan. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-Alaq 1 -5 seperti berikut :
  Artinya :
  1. Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan.
  2. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah.
  3. Bacalah dan Tuhanmulah yang memuliakan.
  4. Yang mengajarkan manusia dengan perantaraan kalam.
  5. Yang mengajarkan manusia apa yang mereka tidak ketahui.
Ayat di atas menjelaskan tentang pentingnya manusia untuk belajar dan menuntut ilmu yang diawali dengan mambaca dan menulis. Hal ini menegaskan pula akan pentingnya manusia untuk dapat membaca dan menulis. Karena dengan membaca dan menulis maka manusia akan mendapatkan ilmu.
Dengan rujukan ayat di atas, maka dapat ditarik kesimpulan, bahwa manusia khususnya umat Islam harus mencari ilmu seluas-luasnya agar dapat mengolah alam sebaik-baiknya sebagai khalifah fil ard. Untuk memakmurkan bumi perlu ilmu, dan ilmu didapat melalui membaca dan manulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar